Manfaat Kemangi untuk Penyakit Asam Urat

Manfaat Kemangi untuk Penyakit Asam Urat

Manfaat Kemangi untuk Penyakit Asam Urat – Berbicara tentang pengobatan asam urat, salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi penyakit asam urat adalah tanaman kemangi, lebih tepatnya daun kemangi. Daun kemangi diketahui efektif menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Manfaat Kemangi untuk Penyakit Asam Urat

Pasalnya, daun kemangi memiliki sifat diuretik yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan dapat mencegah penderita asam urat mengalami gagal ginjal.

Lalu apa yang membuat daun kemangi ini bisa mengatasi penyakit asam urat? Kandungan apa saja yang ada di dalam daun kemangi? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

  • Zat kalsium

Zat yang satu ini bisa membantu menangani permasalahan tulang yang muncul akibat penyakit asam urat seperti nyeri lutut, nyeri pergelangan kaki dan lain sebagainya.

  • Minyak atsiri

Kandungan ini bermanfaat untuk mengatasi persendian tangan, lutut, kaki dan lainnya yang mengalami ngilu ketika digerakan

  • Anti-inflamasi

Ant-inflamasi dalam daun kemangi dapat mengatasi pembengkakan pada kaki yang muncul akibat kadar asam urat terlalu tinggi.

  • Zat fosfor

Zat ini dapat membantu mengontrol kandungan asam serta basa dalam tubuh supaya tetap seimbang.

  • Senyawa lainnya

Senyawa lain seperti anetol, flavonoid, boron, arginin dan eugenol merupakan sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat bagi para penderita asam urat.

Nah, banyaknya kandungan dalam daun kemangi, maka tak heran bila daun kemangi sangat bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit asam urat.

Cara membuat ramuan tradisional dari daun kemangi untuk penyakit asam urat

Untuk mengatasi penyakit asam urat, daun kemangi dapat diolah menjadi sebuah ramuan tradisional. Berikut adalah langkah cara membuat ramuan tradisional dari daun kemangi untuk penyakit asam urat.

  1. Siapkan daun kemangi segar dan berwarna hijau pekat seperlunya
  2. Siapkan air bersih untuk merebus
  3. Cucilah daun kemangi hingga benar-benar bersih
  4. Setelah itu, masukan daun kemangi yang telah dibersihkan tersebut ke dalam panci yang telah diisi oleh air
  5. Rebus hingga mendidih kemudian saring air rebusannya
  6. Biarkan air rebusan menjadi dingin
  7. Setelah dingin, Anda bisa mengonsumsi air rebusan tersebut.

Ingat, air rebusan daun kemangi untuk penyakit asam urat yang Anda buat tersebut, hanya untuk satu kali minum saja. Jangan disimpan untuk dikonsumsi lagi. Ramuan daun kemangi ini bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kali dalam sehari, secara teratur.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *