Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan

Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan – Tahukah kamu dengan sarang semut? Sarang semut adalah satu metode pengobatan herbal, yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama di Papua.  Sarang semut sendiri bukanlah tempat tinggal semut.

Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan

Melainkan tumbuhan epifit, yang sering tumbuh dan menumpang hidup di pohon lain tetapi tidak menyerap makanan dari pohon yang ditumpanginya. Kini, manfaat dari sarang semut diklaim mampu mengatasi beberapa penyakit.

Meski hal itu kurang dikenal oleh masyarakat, namun kandungan aktif didalamnya dapat berperan sebagai antidiabetes, antimikroba dan antikanker. Mau tahu apa saja manfaat dari sarang semut ini? Lihat semuanya dibawah ini.

1. Mengatasi darah tinggi

Sarang semut, bisa mengatasi masalah darah tinggi lantaran mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah.

Dimana kondisi inilah, yang harus Anda jauhi lantaran membuat tekanan darah Anda melonjak sangat tinggi. Selain itu, manfaat dari sarang semut ini mampu menjaga darah agar tetap encer.

Hal itu bisa terjadi berkat baktuan senyawa tokoferol, yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi pun akan cepat diatasi.

2. Mengatasi diabetes

Manfaat sarang semut selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar insulin.

Bisa seperti itu, karena sarang semut diduga memiliki kemampuan yang dapat memulihkan fungsi organ tubuh terutama pankreas. Efeknya, kondisi tubuh bisa menghasilkan hormon yang cukup dan gula dalam darah akan diolah menjadi energi.

3. Mengatasi rematik

Selain baik untuk penderita diabetes, sarang semut juga baik digunakan sebagai pengobatan tradisional rematik. Sarang semut sendiri mengandung flavonoid yang menjadi inhibitor enzim xanthine, artinya bisa mengatasi masalah rematik secara alami.

4. Melancarkan siklus haid

Melainkan dari itu, sarang semut juga baik untuk mereka yang memiliki masalah haid tidak lancar.

Selain itu pula, khasiat dari sarang semut ini mampu mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan abnormal dan mampu meningkatkan jumlah air susu ibu (ASI).

5. Melancarkan peredaran darah

Khasiat sarang semut berikutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah.

Kondisi ini bisa terjadi, lantaran sarang semut menganudng multi-mineral (flavonoid dan tokoferol) yang bisa meningkatkan, melancarkan serta mencegah penyumbatan dalam aliran darah.

6. Mengatasi migrain

Disamping itu, sarang semut juga memiliki keahlian dalam mengurangi gejala migrain.

Hal ini berkaitan dengan kandungan flavonoid dan multi-mineral seperti magnesium, kalsium dan natrium yang dapat mengurangi sensasi nyeri dikepala secara bertahap.

7. Mencegah ambeien

Manfaat selanjutnya adalah ambeien. Ambeien merupakan kondisi dimana pembuluh darah anus membengkak dan membuat kita merasa tidak nyaman karena perih.

Namun tenang saja, Anda bisa mengobatinya dengan sarang semut karena didalamnya mengandung tanin dan flavonoid yang terbilang tinggi. Seperti yang diketahui beberapa ahli, bahwa kedua kandungan ini bisa mengobati wasir/ambeien secara alami.

8. Mengatasi benjolan di payudara

Ketika area payudara terdapat benjolan, itu tandanya bukan tumor melainkan pembengkakan (non-neoplasma).

Kondisi ini biasanya terjadi dengan kuat karena penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker yang membutuhkan flavonoid.

Agar benjolan hilang, Anda bisa menggunakannya dengan menggunakan sarang semut karena didalamnya kaya akan kandungan flavonoid.

9. Baik untuk ginjal

Bagi Anda yang mempunyai gangguan fungsi ginjal dan prostat, sebaiknya konsumsi sarang semut.

Karena apa? Karena dalam sarang semut terdapat senyawa  antioksidan dari flavonoid dan tokoferol) yang mampu mengatasi gangguan tersebut secara alami.

10. Menjaga kesehatan jantung

Dibalik itu, sarang semut juga tersimpan kandungan kalsium, mineral dan kalium yang terbilang tinggi hingga bisa mengatasi gejala penyakit jantung secara lebih real.

11. Menumpas penyakit kanker

Bahkan khasiat dari sarang semut juga di percaya memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengatasi, melawan dan menumpas semua jenis kanker . Baik itu kanker otak, payudara, paru-paru, usus dan kanker darah.

Itulah manfaat dari sarang semut yang bisa kamu peroleh untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika Anda mempunyai keluhan diantara manfaat diatas, sebaiknya segera olah dan konsumsi sarang semut.

Posted by : harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *