Mengapa Penyakit Asam Urat Susah Disembuhkan?

Mengapa Penyakit Asam Urat Susah Disembuhkan?

Mengapa Penyakit Asam Urat Susah Disembuhkan? – Penderita penyakit asam urat seringkali mengeluh ketika penyakit sedang kambuh. Lalu sering muncul pertanyaan apakah penyakit asam urat dapat sembuh? Atau mengapa penyakit asam urat susah disembuhkan?

Mengapa Penyakit Asam Urat Susah Disembuhkan?

Jawabannya adalah penyakit asam urat susah disembuhkan karena penderita asam urat tidak mampu mengendalikan kadar asam uratnya. Setiap orang mempunyai kadar asam urat dalam tubuhnya. Hanya saja, ada yang bisa menyebabkan rasa sakit ada juga yang tidak.

Apabila asam urat ingin sembuh atau tak terasa lagi, caranya cukup mudah. Hanya diperlukan komitmen serta konsistensi yang tinggi dalam mencegah serangan penyakit tersebut. Berikut sejumlah langkah mudah supaya kadar asam urat dapat normal kembali.

  • Pembatasan purin

Jika Anda sudah merasakan nyeri dan bengkak pada sendi, maka Anda harus melakukan diet purin. Diet yang bisa mengurangi asupan makanan pemicu kadar asam urat menjadi tinggi. Adapun makanan-makanan yang harus dihindari penderita asam urat di antaranya jeroan, daging. makanan laut, kacang-kacangan dan sebagainya.

Diet purin merupakan salah satu cara yang cukup ampuh mengatasi asam urat. Tak percaya? Silahkan coba dan buktikan hasilnya. Lantas bagaimana cara agar dapat disiplin dalam diet purin tersebut? Sangat mudah. Sugestikan dalam pikiran Anda bahwa makanan atau minuman berpurin tinggi itu tidak enak untuk dimakan.

  • Perbanyak asupan cairan

Minum air putih setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Air putih bisa mendetoks racun-racun yang ada di dalam tubuh termasuk membantu meluruhkan purin dalam tubuh sekaligus mencegah pengkristalan dalam sendi yang akibatkan asam urat. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih.

Cara paling mudah agar bisa minum banyak air putih yaitu dengan banyak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti misalnya olahraga, bersih-bersih rumah dan lainnya. Banyak aktivitas fisik yang dapat membuat Anda mengeluarkan keringat sehingga tubuh akan cepat haus dan memerlukan air minum.

Selain konsumsi air putih, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air. Bukan hanya menambah asupan cairan, buah-buahan tersebut juga sangat menyegarkan serta bisa menambah asupan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh.

  • Mengonsumsi obat saat kambuh

Segera konsumsi obat bila Anda mulai merasakan nyeri, baik mengonsumsi obat medis ataupun obat tradisional. Cek darah secara berkala untuk mengetahui berapa angka asam urat dalam tubuh Anda. Sehingga dapat lebih mudah mencegah serangan asam urat datang kembali.

Obat tradisional dapat Anda pilih sebagai alternatif bila Anda tidak ingin ketergantungan dengan obat-obatan medis. Salah satu obat tradisional tersebut adalah daun sirsak. Daun sirsak dipercaya sebagai tanaman yang bisa mengatasi rasa nyeri akibat asam urat.

Asam urat susah disembuhkan karena penderitanya yang susah untuk mendisiplinkan diri dalam mengobati penyakit tersebut. Pada intinya, penderita harus diet purin sehingga asam urat tidak akan kambuh lagi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *