Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Kuning

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Kuning

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Kuning – Pernahkah Anda mengeluarkan urine berwarna keruh/gelap? Awas, itu tandanya penyakit kuning mulai menyerang Anda. Penyakit kuning merupakan suatu penyakit yang akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi menguning. Beberapa orang, hanya tahu bahwa penyakit ini selalu dicirikan dengan kulit yang berwarna kuning.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Kuning

Bahkan, gejala seperti urine berwarna gelap atau tinja berwarna pucat juga merupakan salah satu gejala penyakit kuning. Dan hal itu bisa terjadi akibat zat bilirubin mengalami peningkatan didalam tubuh. Seseorang mungkin saja akan tidak tahu, bahwa dirinya sudah terponis sebagai penderita penyakit kuning.

Bila itu sudah terjadi, mungkin penderita akan langsung mengobatinya dan berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi. Tetapi, salah satu kebiasan ini mungkin akan sempat dilupakan bahkan disepelekan oleh penderita yaitu tidak teraturnya dalam mengkonsumsi makanan yang bisa memperparah kondisi tubuh. Dengan begitu, makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita penyakit kuning? simak baik-baik dibawah ini.

  • Telur

Telur memang memiliki zat protein tinggi yang baik untuk tubuh. Tetapi bagi penderita kuning, telur ini harus dijauhkan sebab dapat mempersulit penderita untuk mencerna makanan.

  • Daging

Daging merupakan makanan berlemak tinggi. Makanya pantas untuk dihindari bagi penderita penyakit kuning, karena mampu memperlambat pemulihan penyakit kuning.

  • Junk food

Selain daging, makanan seperti makanan olahan ini juga harus dihindarkan karena tak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Begitu dengan penderita penyakit kuning, makanan ini akan memberi tekanan ekstrak dan beban kerja untuk pencernaan.

  • Garam

Pada penderit penyakit kuning, makanan yang dikonsumsi juga harus dihindarkan dari rasa garam atau asin. Sebab, dalam kondisi pemulihan garam akan merusak sel-sel hati dengan begitu penyembuhan dapat diperlambat.

  • Buah pisang

Pisang memang akan terkenal dengan buah yang kaya serat, sehingga bagus untuk melancarkan saluran pencernaan. Tetapi, bagi penderita penyakit kuning pisang harus dihindarkan karena dapat memberi efek bilirubin menjadi meningkat.

  • Kacang-kacangan

Begitu dengan jenis kacang-kacangan, juga sangat berpengaruh negatif bagi penderita penyakit kuning. Karena kacang ini memiliki serat dan protein tinggi yang dapat membuat usus mengalami pembusukan.

  • Minuman berkafein atau alkohol

Selain makanan, penderita kuning juga harus mengatur dalam olahan minuman. Tentu saja, harus menjauhi dari minuman yang berkafein atau alkohol karena mampu merusak sel-sel hati.

Dalam menjauhi makanan ini bagi penderita penyakit kuning merupakan salah satu langkah untuk bisa menyembuhkan penyakit kuning dengan cepat. Sebab, dengan cara ini tubuh akan mendapatkan kekebalan yang tinggi sehingga bisa melawan virus  atau penyebab penyakit kuning bisa terjadi. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *