Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar – Mentruasi merupakan suatu proses luruh nya dinding rahim yang diikuti perdarahan. Biasanya, mentruasi terjadi setiap 28-36 hari sebanyak 11-13 kali dalam setahun. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang beda-beda. Bisa lebih pendek, bisa juga lebih panjang.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi disebut tidak lancar jika siklus terjadi kurang dari 21 hari, atau lebih dari 35 hari. Selain itu, menstruasi juga dikelompokan tidak lancar jika lamanya menstruasi berubah ubah tiap bulannya. Volume darah yang tak sama (terkadang banyak dan terkadang sedikit) juga menjadi salah satu bentuk menstruasi tak lancar.

Lantas apa penyebab menstruasi tidak lancar ini? Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur. Di antaranya:

  • Menopause

Saat menopause menstruasi dapat menjadi tak lancar. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan hormon progesteron di dalam tubuh menjadi tak teratur.

  • Kehamilan

Bila menstruasi terhenti atau terlambat, coba lakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tes kehamilan serta USG.

  • Alat kontrasepsi

Memakai alat kontrasepsi seperti IUD ( spiral ) atau pil KB memang dapat menyebabkan perubahan seperti flek diantara siklus menstruasi. IUD sebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya bahkan IUD juga bisa menimbulkan sakit perut ketika menstruasi. Bisa juga di awal penggunaan pil KB, darah yang keluar lebih sedikit. Tapi kondisi ini bisa berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.

  • Pola hidup sehari hari

Bila Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan dan atau berat badan Anda turun secara drastis, hal ini dapat menyebabkan menstruasi menjadi tak lancar. Begitu pula dengan obesitas atau berat badan yang berlebihan. Bukan hanya perubahan berat badan, stress juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

  • Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS

Kondisi ini bisa membuat hormon menjadi tak seimbang. Testosteron bisa meningkat melebihi batas. Dimana semestinya wanita harus memiliki sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi pada proses pelepasan sel telur. Hal ini sebabkan wanita dengan PCOS tak mengalami menstruasi. Meski mengalami menstruasi pun, darah yang keluar sedikit.

  • Masalah pada tiroid

Di bagian leher, ada kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon yang bisa mengatur metabolisme tubuh. Bila tiroid Anda mengalami gangguan, maka menstruasi Anda pun akan ikut terpengaruh. Bicarakan hal tersebut pada dokter spesialis endokrin. Dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan tes darah agar Anda bisa melihat kadar hormon tiroid di dalam darah.

Itu tadi Penyebab Menstruasi Tidak Lancar yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami menstruasi tak lancar, Anda tak boleh berdiam diri. Segera bicarakan pada dokter untuk mencari tahu penyebab serta cara tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *