Penyebab Penyakit Asam Urat Sering Kambuh

Penyebab Penyakit Asam Urat Sering Kambuh

Penyebab Penyakit Asam Urat Sering Kambuh – Asam urat merupakan penyakit yang muncul ketika tubuh kelebihan zat purin. Purin sendiri bisa dihasilkan oleh tubuh secara alami, namun bisa juga dihasilkan dari makanan atau minuman tertentu yang kerap dikonsumsi.

Penyebab Penyakit Asam Urat Sering Kambuh

Zat purin yang berlebihan dalam tubuh menyebabkan kadar asam urat semakin meningkat. Meningkatnya kadar asam urat tersebut bisa membuat ginjal mengalami penurunan fungsi. Jika ginjal sudah mengalami penurunan fungsi, maka otomatis pengeluaran kadar asam urat dalam bentuk urin pun akan terhambat.

Sebagian kadar asam urat yang tidak dikeluarkan oleh ginjal akan dialirkan ke bagian persendian. Hal inilah yang membuat persendian terasa sangat nyeri. Bagi Anda yang idap penyakit asam urat, pasti sering mengalami nyeri pada persendian sehingga menyebabkan aktivitas terganggu. Nah, apa saja penyebab asam urat Anda sering kambuh? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

  • Zat purin berlebihan

Rasa nyeri yang dialami pengidap asam urat bisa dikarenakan kristal asam urat yang menusuk-nusuk di area persendian. Kristal ini terbentuk oleh adanya penumpukan zat purin. Untuk mengatasinya, Anda harus bisa menjaga kadar purin untuk tidak berlebihan.

  • Faktor usia

Usia juga menjadi salah satu penyebab mengapa asam urat sering kambuh. Biasanya, penyakit asam urat akan dialami oleh orang yang sudah memasuki usia di atas 40-an. Tapi mereka yang berusia di bawah 40-an juga dapat terserang asam urat. Hal tersebut biasanya dipicu oleh pola hidup yang kurang sehat.

  • Faktor keturunan

Selain usia, faktor genetik atau keturunan juga menjadi penyebab asam urat sering kambuh. Biasanya jika penyakit asam urat sudah diriwayatkan oleh keluarga sebelumnya, ada peluang besar resiko tersebut akan diturunkan.

Namun faktor yang satu ini tidak terlalu berpengaruh untuk Anda yang berupaya melakukan pencegahan penyakit. Segera lakukan pencegahan sejak dini, agar asam urat tidak menjadi sebuah penyakit turunan.

  • Faktor makanan dan minuman

Makanan dan minuman tertentu menjadi salah satu penyebab yang paling berpengaruh mengapa asam urat sering kambuh. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa kondisi tubuh akan tergantung pada apa yang dikonsumsi.

Jika sehat, maka bisa sehat pula tubuhnya. Karena itulah makanan dan minuman harus diperhatikan. Makanan dan minuman yang bisa sebabkan asam urat melonjak tinggi adalah makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, daging merah, soda, alkohol dan lainnya.

  • Efek samping dari obat-obatan

Penyebab asam urat kambuh selanjutnya yaitu obat-obatan tertentu. Ada sejumlah obat yang jika dikonsumsi dapat membuat tubuh menghasilkan asam urat yang makin banyak. Beberapa obat tersebut di antaranya niacin, obat kemoterapi dan lainnya. Sebab itulah, jika ingin mengkonsumsi obat sebaiknya tanyakan dulu kandungan serta efek samping yang mungkin akan muncul.

  • Obesitas

Orang gemuk atau obesitas sangat berpeluang menderita asam urat. Karena itu, benahi gaya hidup Anda agar Anda tidak memiliki badan yang gemuk. Rajin olahraga dan batasi asupan makan sehingga obestias bisa Anda hindari.

  • Jenis kelamin

Pada wanita, mereka yang sedang mengalami masa subur biasanya memiliki resiko yang sangat kecil untuk terkena asam urat bila dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan hormon estrogen pada wanita bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Sedang pada pria, biasanya kadar asam urat bisa meningkat saat masa pubertas.

Itulah beberapa penyebab penyakit asam urat sering kambuh. Untuk Anda yang saat ini idap penyakit asam urat, tentu jangan biarkan asam urat Anda kambuh. Satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan yaitu mengatasinya agar tidak kambuh. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *