Perawatan Pasca Operasi Polip Hidung

Perawatan Pasca Operasi Polip Hidung

Perawatan Pasca Operasi Polip Hidung – Polip hidung merupakan kondisi yang ditandai dengan hidung tersumbat, gatal di area mata dan juga nyeri di bagian wajah atau sakit kepala. Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini yaitu dengan prosedur operasi.

Perawatan Pasca Operasi Polip Hidung

Nah setelah menjalani prosedur operasi, kemungkinan Anda akan mengalami beberapa keluhan seperti munculnya kerak halus di dalam hidung hingga perdarahan. Namun tenang saja, karena hal ini sifatnya hanya sementara.

Lantas, bagaimana cara mudah untuk memulihkan kondisi Anda kembali pasca operasi? Berikut beberapa cara alami perawatan pasca operasi polip hidung.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih adalah minuman yang bisa membuat tubuh tetap sehat. Dan ternyata, mengkonsumsi air putih juga bisa membantu proses pemulihan setelah melakukan operasi polip hidung. Hal ini dikarenakan, air putih mempunyai sifat alami yang bagus untuk kesehatan. Terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Hindari asap rokok

Rokok bisa membahayakan seseorang. Terutama perokok pasif atau orang yang berada di sekitar perokok aktif. Asap rokok merupakan pantangan pasca operasi polip hidung. Dengan menghindari asap rokok di sekitar Anda, bisa mempercepat penyembuhan pasca operasi polip hidung.

  • Hindari minuman beralkohol

Dibalik minuman beralkohol terdapat kandungan zat yang bisa sangat membahayakan tubuh Anda, Saat Anda mengkonsumsi alkohol, akan mengakibatkan proses penyembuhan pasca operasi semakin lama dan bahkan bisa memunculkan penyakit baru. Karena itu sangat disarankan tidak mengonsumsi alkohol pasca operasi agar polip hidung tidak datang kembali.

  • Beraktivitas fisik

Hal ini dilakukan agar kondisi fisik Anda tetap sehat serta bugar meski dalam proses penyembuhan. Olahraga juga membantu mempercepat proses penyembuhan pasca operasi. Lakukan olahraga ringan namun rutin.

  • Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan rupanya bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi. Jadi, jagalah pola makan sehat selama proses pemulihan.

Demikian beberapa perawatan yang bisa membantu proses pemulihan pasca operasi polip hidung. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *