Pertolongan Pertama Saat Tersetrum Listrik

Pertolongan Pertama Saat Tersetrum Listrik

Pertolongan Pertama Saat Tersetrum Listrik – Tersetrum listrik atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan electrical injury merupakan kondisi yang terjadi saat ada aliran listrik yang mengalir melalui tubuh. Area tubuh yang terkena dampak aliran listrik pun beragam. Mulai dari kulit sampai organ dalam.

Pertolongan Pertama Saat Tersetrum Listrik

Aliran listrik bisa sangat berbahaya. Adapun bahayanya antara lain gangguan irama jantung akibat aliran listrik pada jantung, kerusakan otot, saraf dan jaringan serta luka bakar akibat kontak dengan sumber listrik.

Penanganan yang dibutuhkan bisa berbeda pada setiap orangnya karena hal ini tergantung dari kuat arus listrik yang mengalir. Juga kondisi medis orang tersebut ketika tersetrum. Tapi umumnya, pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat melihat seseorang tersetrum listrik yaitu sebagai berikut.

  • Jika memungkinkan, matikan arus listrik.

Cabut kabel, cabut sumbu listrik dan atau matikan saklar listrik. Waspada, jangan dekati seseorang jika Anda belum yakin tak ada aliran listrik yang bisa membahayakan karena tubuh bisa menghantarkan listrik dengan sangat baik.

  • Minta bantuan orang lain

Panggil orang lain, untuk membantu anda serta hubungi telpon darurat.

  • Gunakan alat yang tidak bisa menghantarkan listrik

Jika aliran listrik tidak bisa dimatikan, maka Anda bisa menggunakan alat yang tidak bisa menghantarkan listrik. Seperti kursi, sapu atau sesuatu berbahan karet guna menjauhkan orang tersebut dari aliran listrik. Ingat, jangan gunakan bahan yang basah atau bahan metal. Akan jauh lebih baik saat melakukannya, dipastikan kaki Anda dialasi oleh sesuatu yang tidak menghantarkan aliran listrik seperti alas karet.

  • Periksa orang yang tersetrum

Saat sudah jauh dari sumber aliran listrik, perika orang yang tersetrum. Jika ada tanda luka bakar, lepaskan pakaian dan aliri area yang terbakar menggunakan air mengalir yang dingin. Jika orang yang tersetrum pingsan, pucat atau tak sadarkan diri.

Hal yang perlu dilakukan adalah senderkan dengan posisi kepala sedikit di bawah dan posisikan kaki sedikit diangkat. Tunggu sampai bantuan medis datang.

Nah itulah pertolongan pertama saat tersetrum listrik, lebih tepatnya saat melihat orang tersetrum listrik. Semoga anda dan keluarga sehat selalu. Sekian, semoga membantu.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *