Pilihan Makanan Untuk Penderita Mata Kering

Pilihan Makanan Untuk Penderita Mata Kering

Pilihan Makanan Untuk Penderita Mata Kering – Mata kering atau Keratoconjunctivitis merupakan suatu keadaan dimana organ mata mengalami kekurangan jumlah cairan atau dehidrasi. Penyakit ini sangat berhubungan dengan keadaan kesehatan secara keseluruhan.

Pilihan Makanan Untuk Penderita Mata Kering

Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi dan berkhasiat baik untuk penderita mata kering, diantaranya:

  1. Air putih

Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak akan sangat membantu mengatasi masalah mata kering yang disebabkan kekurangan cairan.

  1. Asam lemak omega 3

Mampu membantu merangsang kelenjar pada organ mata agar membantu memproduksi minyak pada air mata. Minyak tersebut berfungsi untuk menjaga air mata agar tidak menjadi cepat kering.

Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon, ikan teri, minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

  1. Vitamin A

Mampu menjaga mata agar tetap sehat, dan terhindar dari penyakit mata. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari: Wortel, tomat, jagung, dsb.

  1. Vitamin C

Mampu melancarkan kerja pembuluh darah pada organ mata serta mencegah terjadinya katarak. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari aneka jenis buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan sayuran hijau seperti bayam.

  1. Vitamin E

Mampu melindungi sel-sel pada organ mata agar tidak terjadi kerusakan. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari ubi, atau jenis kacang-kacangan.

  1. Kalium

Mampu menjaga mata agar tidak cepat kering. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari pisang, alpukat, kurma, kismis, dsb.

  1. Zink

Mampu membantu mata untuk mendapatkan vitamin A yang kemudian digunakan sebagai pembentukan melanin mata. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari susu, telur, daging sapi, ikan almond, dsb.

  1. Lutein dan zeaxanthin

Mampu mencegah terjadinya penyakit mata kronis serta menjaga sel mata agar tetap sehat. Anda bisa memperoleh kandungan tersebut dari: bayam, jagung, brokoli, kubis, dan telur.

Tidak hanya dengan mengonsumsi jenis makanan-makanan tersebut saja, tetapi Anda juga harus melaksanakan gaya hidup sehat dan menjaga organ mata agar terhindar dari terjadinya mata kering.

Posted By harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *