Tanda-tanda Kadar Asam Urat Sudah Normal

Tanda-tanda Kadar Asam Urat Sudah Normal

Tanda-tanda Kadar Asam Urat Sudah Normal – Apakah Anda pernah merasakan salah satu sendi mengalami nyeri hingga membengkak? Mungkin saja kondisi tersebut disebabkan karena asam urat. Asam urat merupakan sebuah senyawa yang memang dihasilkan oleh tubuh dan akan keluar melalui urine.

Tanda-tanda Kadar Asam Urat Sudah Normal

Tapi saat kadar asam urat ini berlebihan maka akan memicu munculnya sejumlah penyakit. Seperti penyakit asam urat atau gout. Untuk mengetahui apakah kadar asam urat seseorang normal atau tidak, tentu harus dilakukan tes.

Tes tersebut terbagi menjadi dua macam, yakni tes asam urat pada darah dan tes asam urat pada urine. Dua hal tersebut yang memang menjadi tempat asam urat banyak mengalir.

Tes asam urat normal pada darah

Tes asam urat pada darah atau tes asam urat serum dilakukan untuk menentukan seberapa banyak kadar asam urat di dalam darah Anda. Hal ini juga bisa membantu melihat seberapa baik tubuh Anda untuk menghasilkan hingga mengeluarkan asam urat pada tubuh.

Sebagian besar, asam urat akan larut dalam darah, disaring oleh ginjal dan keluar melalui urine. Tapi, terkadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat.

Kadar asam urat normal pada seseorang bisa berbeda-beda. Asam urat normal pada pria adalah 3,4 – 7,0 mg/dL dan asam urat normal pada wanita adalah 2,4 – 6,0 mg/dL. Dan asam urat normal pada anak-anak adalah 2,0 – 5,5 mg/dL.

Kadar asam urat yang tinggi bisa menunjukkan kondisi lainnya, di antaranya:

  • Diabetes
  • Penyakit gout
  • Gangguan sumsum tulang seperti leukimia
  • Gangguan ginjal
  • Multiple myeloma yaitu kanker sel plasma pada sumsum tulang

Tes asam urat normal pada urine

Bila ginjal tidak bisa mengeluarkan asam urat dari darah secara normal. Maka kadar asam urat dalam urine akan mengalami penurunan. Namun kadar asam urat yang tinggi dalam urine bisa merangsang pembentukan batu ginjal. Karena itu, tes urine juga dibutuhkan untuk mengetahui kemungkinan adanya batu ginjal akibat asam urat.

Pada tes asam urat normal urine, urine Anda akan disimpan. Setelah itu, urine akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Kadar asam urat normal dalam urine yang dikumpulkan selama 24 jam ialah 250 – 750 mg atau 1,48 – 4,43 mmol (milimoles). Bila kadar Anda lebih tinggi dari itu, artinya kadar asam urat Anda berlebihan.

Nah, itulah pembahasan tentang kadar asam urat normal pada seseorang. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *