Tanda-tanda Level Gula Darah Naik Drastis

Tanda-tanda Level Gula Darah Naik Drastis

Tanda-tanda Level Gula Darah Naik Drastis – Gula darah tinggi adalah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan berbagai gejala. Kondisi ini terjadi saat kadar glukosa atau gula darah meningkat. Tahukah Anda, sebagian besar makanan yang kita konsumsi ternyata dapat memicu naiknya level gula darah.

Tanda-tanda Level Gula Darah Naik Drastis

Biasanya, saat makan sesuatu yang mengandung gula atau karbohidrat, pankreas akan menghasilkan hormon insulin. Hormon ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproses glukosa. Sistem ini bekerja sangat baik pada orang dewasa sehat yang tak mengidap diabetes.

Tapi, jika mengidap diabetes, tubuh tidak bisa menghasilkan insulin dengan normal. Sehingga, level gula arah sangat tinggi dan memunculkan sederet gejala. Adapun gejala yang akan muncul bila level gula darah naik, di antaranya.

  • Kelelahan

Merasa sangat lemah, lelah atau letih merupakan salah satu gejala gula darah tinggi meski tidak spesifik. Bisa juga merupakan tanda gula darah rendah. Namun, jika rasa lelah tak hilang dengan istirahat yang cukup, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala sudah sangat umum terjadi. Tapi bila Anda merasakan sakit kepala kronis, maka Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter. Karena bisa jadi, sakit kepala yang Anda alami merupakan tanda level gula darah sedang naik.

  • Penglihatan Menjadi Kabur

Jumlah gula darah yang berlebihan dalam tubuh bisa memengaruhi retina, menyebabkan suatu kondisi yang disebut retinopati diabetik. Alhasil, penglihatan menjadi kabur dan timbul bayangan bergerak atau floaters.

  • Sering Buang Air Kecil

Gula darah juga bisa memengaruhi ginjal, organ yang bertanggung jawab mengeluarkan kelebihan air dari darah untuk menghasilkan urine. Terlalu banyak gula darah bisa merusak pembuluh darah di ginjal. Hal tersebut bisa menyebabkan proses penyaringan kurang efesien dan bisa menyebabkan kencing lebih banyak.

  • Rasa Haus Meningkat

Efek dari terus menerus buang air kecil yaitu rasa haus yang meningkat, terutama di malam hari.

Nah itulah Tanda-tanda Level Gula Darah Naik Drastis. Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa tanda di atas, kemungkinan level gula darah Anda sedang sangat tinggi!

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *