Temulawak untuk Penyakit Asam Urat

Temulawak untuk Penyakit Asam Urat – Temulawak dikenal sebagai jenis tanaman yang memiliki nutrisi baik untuk pengobatan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan temulawak adalah penyakit asam urat.

Penyakit asam urat adalah kondisi dimana tubuh kelebihan zat bernama purin. Purin sendiri dapat diproduksi secara alami, namun dapat juga dihasilkan dari makanan atau minuman yang kerap dikonsumsi sehari-hari. Karena itu Anda harus bisa membatasi makanan atau minuman yang bisa memicu zat purin berlebihan.

Namun bila purin sudah terlanjur berlebihan dalam tubuh, maka Anda perlu menguranginya. Salah satu cara mengurangi kelebihan purin bisa dengan merutinkan mengonsumsi temulawak. Penjelasan lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Temulawak untuk Penyakit Asam Urat

Temulawak untuk Penyakit Asam Urat

Seperti yang kita ketahui, jika tubuh kelebihan purin maka kadar asam urat akan meningkat. Bila kadar asam urat sudah meningkat, maka ginjal akan mengalami kesulitan untuk membuangnya. Sehingga terjadilah tumpukan asam urat dalam tubuh.

Biasanya persendian menjadi bagian tubuh yang kerap ditumpuki asam urat. Kadar asam urat tersebut akan berubah menjadi kristal urat yang sangat tajam. Inilah yang menyebabkan nyeri tak tertahankan pada persendian.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami penyakit asam urat, tak perlu khawatir. Karena ternyata asam urat dapat diatasi dengan cara tradisional. Yaitu dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak bisa atasi asam urat karena memiliki kurkuminoid yang bersifat anti inflamasi sehingga bisa mengatasi gejala peradangan pada sendi yang terjadi karena asam urat.

Cara Meracik Temulawak Menjadi Obat Asam Urat

Cara meracik temulawak menjadi obat asam urat cukup mudah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain 2 rimpang temulawak, segenggam daun kumis kucing dan daun meniran serta gula batu seperlunya. Langkah membuatnya seperti ini:

  • Cuci sampai bersih semua bahan-bahan tadi, kecuali gula batu
  • Kupas temulawak dan potong tipis-tipis
  • Masukan semua bahan tersebut ke dalam panci kemudian tambahkan air bersih sebanyak 1000 ml
  • Rebus hingga airnya tersisa separuh. Jangan rebus di dalam panci aluminium lantaran unsur dari aluminium bisa bereaksi di senyawa temulawak sehingga sebabkan keracunan.
  • Angkat lalu saring air rebusannya
  • Tunggu hingga dingin dan minum
  • Minum secara rutin satu gelas tiap hari

Demikian penjelasan mengenai Temulawak untuk penyakit asam urat. Semoga artikel di atas bermanfaat. Selamat mencoba!

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *