Tips Aman dan Mudah Menurunkan Gula

Tips Aman dan Mudah Menurunkan Gula

Tips Aman dan Mudah Menurunkan Gula – Menjaga kadar gula darah supaya tetap berada dalam angka normal sangat penting. Pasalnya, kadar gula darah yang normal bisa menunjang kinerja tubuh serta membuat tubuh tetap sehat.

Tips Aman dan Mudah Menurunkan Gula

Tapi, bagaimana bila ternyata setelah diperiksa kadar gula darah Anda berada dalam kadar yang sangat tinggi yaitu di atas 200 mg/dL?

Kondisi gula darah yang tinggi pastinya bisa mengakibatkan masalah yang serius, terutama pada pengidap diabetes. Nah untuk mengembalikan kadar gula darah yang normal, berikut tips aman dan mudah yang bisa Anda lakukan.

#Jangan Lewatkan Jam Makan

Untuk Anda yang mempunyai kadar gula darah tinggi, ada baiknya hindari kebiasaan melewatkan jam makan. Kebiasaan yang satu ini hanya akan membuat kadar gula darah menjadi tinggi. Mengapa bisa begitu? Karena saat Anda kelaparan, bahan bakar tubuh berupa glukosa akan dilepaskan dari hati dan sebabkan kenaikkan gula darah.

#Mengonsumsi Karbohidrat Sehat

Sebenarnya, Anda tidak perlu menghindari karbohidrat. Yang paling penting, Anda harus selektif saat mengonsumsinya. Karbohidrat kerap dijadikan sasaran utama sebagai penyebab gula darah meningkat, karena diketahui mempunyai kadar glukosa yang cukup tinggi.

Tapi, ternyata ada beberapa jenis karbohidrat yang sebetulnya aman dan bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa di antaranya adalah kentang, gandum dan jagung.

#Mengonsumsi Kayu Manis

Sebuah riset kesehatan menemukan, bahwa seseorang yang mengonsumsi kayu manis mengalami penurunan gula darah sebesar 18-19 persen. Maka dari itu, tak ada salahnya bila mulai sekarang Anda menambahkan kayu manis ke dalam kopi, teh atau plain yoghurt.

#Tambahkan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna. Makin lama proses cerna suatu makanan, maka makin lama pula waktu yang diperlukan untuk melepas glukosa. Disamping itu, kacang juga termasuk sumber lemak tak jenuh yang tidak bisa meningkatkan kadar gula darah.

#Rutin Melakukan Olahraga

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan lama. Anda bisa berolahraga ringan seperti jalan cepat, renang atau bersepeda. Dengan berolahraga rutin setidaknya selama 2.5 jam per minggu, Anda dapat melatih kekuatan otot yang berperan besar dalam pemakaian serta penyimpanan gula tubuh.

Hal ini bisa membuat gula darah tetap terjaga normal. Tapi ingat, jangan melakukan olahraga yang berlebihan. Lantaran dikhawatirkan akan memicu terjadinya gula darah rendah atau hipoglikemia.

Itulah beberapa tips aman dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan gula darah. Jangan lupa untuk melakukan tes gula darah guna memantau kadar gula darah Anda!

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *