Tips Mudah Mencegah Asam Urat Kambuh

Tips Mudah Mencegah Asam Urat Kambuh

Tips Mudah Mencegah Asam Urat Kambuh – Asam urat merupakan penyakit yang muncul akibat tubuh kelebihan zat bernama purin. Zat purin ini dapat kita temukan di beberapa makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi. Sebetulnya, zat purin tidak berbahaya bila tidak melebihi batas. Namun bila zat ini melebihi batas maka dapat memicu kedatangan penyakit asam urat.

Tips Mudah Mencegah Asam Urat Kambuh

Zat purin yang melebihi batas, kerap tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal secara maksimal. Akibatnya, purin yang akan berubah menjadi asam urat tersebut mengalami penumpukan di dalam tubuh. Semakin banyak penumpukan, maka rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

Bagi Anda yang sudah mengidap asam urat, kadang-kadang rasa nyeri di bagian organ tertentu seringkali menyerang. Sehingga membuat aktivitas harian Anda menjadi sulit. Nah berikut ini merupakan tips mudah mencegah asam urat kambuh.

  • Jangan dulu melakukan aktivitas yang berat

Melakukan aktivitas yang berat justru dapat sebabkan otot-otot bekerja keras. Berhubung sumber serangan penyakit asam urat adalah persendian, tentunya aktivitas yang berat ini harus dihindari. Bagian tubuh yang sudah pernah terkena asam urat bisa saja kambuh karena kondisi tubuh yang terlalu lelah.

Bahkan orang sehat sekalipun bila beraktivitas melebihi batas kemampuannya dapat mengalami kelelahan, cedera dan juga nyeri. Lantas bagaimana bagi mereka yang sudah mempunyai riwayat sakit asam urat. Bisa Anda bayangkan?

  • Rajin melakukan olahraga

Salah satu pola hidup sehat agar asam urat tak kambuh yaitu olahraga. Jangan yang berat-berat, olahraga ringan saja cukup untuk mencegah asam urat kambuh. Olahraga ringan tersebut di antaranya jalan kaki, bersepeda atau berenang. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu.

  • Konsumsi air putih

Sejumlah studi sudah membuktikan bahwa air putih bisa mengurangi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga air putih juga dapat mencegah asam urat untuk tidak kambuh.

  • Hindari makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat

Makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat adalah makanan yang mengandung purin. Contoh makanan yang memiliki kandungan purin tinggi adalah jeroan, daging merah, makanan laut (udang, kerang, sarden, dll), alkohol, telur, kacang-kacangan, keju, durian, dll.

  • Bisa mengatur stress

Stress tidak bagus untuk kesehatan. Karena itu, Anda harus bisa atur stress. Selalu merasa positif agar dapat memberi ketenangan. Berpikir positif bahwa asam urat bukan suatu kekurangan. Yakinkan pada diri Anda, Anda bisa segera sembuh.

  • Mengontrol kadar asam urat

Kadar asam urat Anda perlu dikontrol, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kadar asam urat Anda makin naik atau turun.

  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan asam urat kambuh

Obat-obatan tertentu seperti thiazide yang dikhususkan untuk menurunkan tekanan darah rupanya bisa memicu kadar asam urat naik. Karena itulah, sebelum minum obat apapun, konsultasikan dulu ke dokter.

Itulah Tips Mudah Mencegah Asam Urat Kambuh yang dapat Anda terapkan. Sekian, semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *