Waspada 10 Penyakit Ini Bila Anda Mudah Berkeringat

Waspada 10 Penyakit Ini Bila Anda Mudah Berkeringat

Waspada 10 Penyakit Ini Bila Anda Mudah Berkeringat – Berkeringat adalah hal normal dan sehat yang sudah biasa terjadi. Dan sebagai petunjuk bagi tubuh untuk mendinginkan suhu dalamnya.

Waspada 10 Penyakit Ini Bila Anda Mudah Berkeringat

Biasanya, keringat muncul ketika tubuh merasa kepanasan akibat suhu ruangan meningkat. Tapi, bila keringat muncul tanpa sebab, bisa jadi menjadi pertanda tubuh mengidap penyakit. Beberapa penyakit tersebut, di antaranya.

  • Tuberkulosis

TBC atau tuberkulosis adalah infeksi menular yang biasanya menyerang paru-paru yang bisa menyebar ke bagian lainnya seperti otak dan tulang belakang. TBC sendiri disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam paru yakni Mycobacterium tuberculosis.

Muncul keringat tanpa sebab, keringat dingin di malam hari, batuk keras, batuk tiada henti, kedinginan, kelelahan, bahkan penurunan berat badan adalah gejala-gejala dari penyakit TBC.

  • Hyperhidrosis

Kondisi hyperhidrosis bisa memengaruhi sekitar 1 hingga 3 persen dari populasi dan biasanya dimulai pada masa kanak kanak atau remaja. Hyperhidrosis bisa membuat seseorang berkeringat berlebihan.

  • Gangguan tiroid

Gangguan tiroid bisa berkisar dari gondok kecil (kelenjar yang membesar) yang tak membutuhkan pengobatan hingga kanker yang mengancam nyawa. Masalah tiroid yang umum adalah produksi hormon tiroid yang tak normal. Terlalu banyak hormon tiroid bisa menyebabkan hipertiroidisme.

Dan produksi hormon yang tak memadai menyebabkan hipotiroidisme. Gangguan pada kelenjar tiroid ini juga bisa memunculkan penyakit autoimun yang cukup mematikan.

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kronis yang mempengaruhi cara tubuh memetabolisme gula sebagai sumber penting bahan bakar untuk tubuh.

Adanya diabetes tipe 2, tubuh bisa menolak efek insulin (hormon yang mengendalikan pergerakan gula ke dalam sel) atau tak menghasilkan cukup insulin untuk bisa mempertahankan kadar gula darah normal.

Gejala yang kerap muncul di antaranya rasa haus meningkat, sering lapar, sering buang air kecil, berat badan menurun, kelelahan, area kulit gelap di bagian ketiak dan juga leher.

  • Gangguan jantung

Kita sering mendengar, bahwa telapak tangan yang kerap berkeringat menjadi tanda adanya permasalahan dengan jantung. Hal ini pun terbukti adanya, karena jantung yang sehat bisa memompa darah ke seluruh tubuh guna memastikan ia mendapat semua darah dan oksigen yang diperlukannya.

Sehingga, seseorang yang punya gangguan jantung seperti gagal jantung bisa mengalami peredaran darah yang terhambat. Bahkan bisa menyebabkan keringat yang berlebihan.

  • Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan gangguan peradangan kronis yang bisa memengaruhi lebih dari sekadar persendian. Keringat yang parah di waktu-waktu tertentu dan bisa hilang dalam waktu tertentu. Selain keringat berlebih, gejala lain yang kerap muncul adalah nyeri sendi, kelelahan dan pembengkakan.

  • Kanker darah

Keringat yang muncul tanpa sebab, seperti yang terjadi di malam hari juga bisa menjadi tanda adanya penyakit serius seperti kanker darah jenis leukimia atau limfoma. Gejala awal dari kanker darah ini biasanya berkeringat di malam hari akibat dampak dari demam tinggi yang dialami.

  • Penyakit parkinson

Beberapa orang yang mengidap parkinson mempunyai masalah dengan sistem saraf otonom yang bisa mengontrol keringat. Hal ini bisa menyebabkan keringat terlalu sedikit (hypohidrosis) sehingga membuat kulit menjadi kering atau bisa juga menyebabkan keringat terlalu banyak (hyperhidrosis).

  • Stroke

Hasil riset yang dilakukan di Tonami General Hospital, Jepang mengatakan bahwa hyperhidrosis persisten unilateral jarang terjadi setelah mengalami stroke iskemik.

Sebanyak 80 persen penderita stroke mengalami penyempitan serta penyumbatan arteri ke otak hingga sebabkan aliran darah berkurang.

  • Encok

Jangan pernah memandang sebelah mata penyakit yang satu ini, encok disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh. Asam urat tersebut membentuk sebuah kristal di bawah kulit dan persendian. Biasanya, ditandai dengan keringat yang berlebihan.

Nah itulah, 10 Penyakit yang memiliki gejala mudah berkeringat. Jadi, mulai sekarang perhatikan kondisi tubuh. Lihat seberapa mudah Anda berkeringat tanpa sebab.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *