Waspada, Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Kematian

Waspada, Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Kematian – Kondisi hipoglikemia atau gula darah di bawah kadar normal ternyata tidak bisa disepelekan. Kadar gula darah yang kurang bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran bahkan hingga meninggal.

Menurut ahli penyakit dalam, endokrin dan diabetes, Budiman Darmowidjojo mengatakan bahwa hipoglikemia itu lebih berbahaya dibandingkan hiperglikemia. Karena jika terlambat ditangani bisa menyerang jantung dan meninggal.

Baca juga: Obat Retinopati Diabetik Paling Ampuh, Tanpa Operasi

Jika biasanya efek hiperglikemia terlihat dalam hitungan bulan atau tahun, berbeda dengan hipoglikemia. Efek hipoglikemia akan terlihat dalam hitungan menit.

Waspada, Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Kematian

Waspada, Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Kematian

Didalam darah, ada kandungan gula hasil pencernaan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk proses metabolisme serta menghasilkan energi. Umumnya, kadar gula darah normal berkisar 70-100 mg/dL.

Gula darah dalam tubuh dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas. Hormon insulin inilah yang akan memecah gula darah menjadi senyawa yang mudah dicerna oleh tubuh. Jika seseorang mempunyai gula darah tinggi dalam waktu yang relatif lama, maka orang tersebut bisa beresiko mengalami diabetes.

Meskipun diabetes sering diasosiasikan dengan tingginya gula darah atau hiperglikemia. Tapi, kondisi kurang atau hipoglikemia juga sering terjadi pada penderita diabetes. Kondisi gula darah bisa dikatakan hipo saat kurang dari 40 mg/dL pada orang sehat dan kurang dari 70 mg/dL pada penderita diabetes.

Gejala yang bisa muncul seperti berkeringat dingin, pucat, palpitasi atau berdebar-debar, nyeri dada, gemetar, cemas, lapar, sakit kepala, penglihatan kabur, bingung hingga kejang.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus langsung memastikan kondisi gula darah Anda. Tapi, jika tidak sanggup atau sudah mendesak, maka Anda bisa langsung mengonsumsi makanan atau minuman yang manis seperti air gula atau cokelat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *